Kamu pasti sudah sering mendengar istilah pencemaran tanah. Tetapi apakah kamu tahu apa yang membuat tanah menjadi tercemar, cara penanggulangannya, dan contoh tanahnya? Untuk hal itu akan dibahas pada artikel berikut :

PENCEMARAN TANAH

Tanah adalah lapisan teratas kerak bumi dan mepunyai kemampuan menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
Pencemaran tanah adalah peristiwa masuknya zat/polutan ke dalam suatu areal tanah/ keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Tanah yang tidak sehat secara kimia tidak akan mampu membersihkan/menghasilkan nutrisi yang diperlukan tanaman.
Akibatnya banyak tanaman yang akan mati/tidak berproduksi sehingga mengurangi sumber makanan dan sumber oksigen bagi manusia dan tanah yang tidak sehat akan merusak kehidupan cacing tanah dan organisme yang hidup di dalam tanah. Jika pencemaran tanah telah meliputi daerah yang luas, dampaknya dapat mengubah dan memengaruhi keseimbangan ekologis.
Penyebab pencemaran tanah dan cara penanggulangannya :
·         Bahan-bahan anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri pengurai seperti, sampah plastik. Cara penanggulangannya dengan cara dibuang di tempat khusus untuk diolah kembali atau sampah-sampah tersebut digunakan lagi untuk di daur ulang sehingga dapat mengurangi tingkat pencemaran tanah.
·         Limbah cair seperti deterjen yang jika meresap di dalam tanah akan merusak kandungan air tanah dan membunuh bakteri pengurai. Cara penanggulangannya dengan cara pengolahan khusus yang dapat menetralisasi kandungan deterjen dan juga menangkap lemak seperti membuat instalasi pengolahan yang sering disebut juga Sistem Pengolahan Air Limbah (SPAL).
·         Limbah industri. Cara penanggulangannya dengan cara sebelum dibuang, limbah harus diproses terlebih dahulu untuk menghilangkan zat berbahaya yang terkandung dalam limbah tersebut. Aliran limbah harus dibedakan dalam proses produksi agar penanganannya lebih optimal.
·         Limbah pertanian sisa pemakaian pupuk ureal dan penggunaan pestisida pemberantas hama secara berlebihan, contoh DDT. Cara penanggulangannya dengan cara pemakaian pestisida haruslah sesuai dengan persyaratan dan peraturan perundangan yang berlaku. Penggunakan haruslah diperuntukan membasmi organisme penggaggu tanaman secara selektif dan seminimal mungkin merugikan organisme dan target.

Dampak pencemaran tanah :
·         Jika limbah tertimbun dalam jangka waktu yang lama permukaan tanah akan rusak dan air akan susah meresap kedalam tanah, akibatnya kualitas air akan menurun ketika musim kemarau tiba.
·         Terganggunya kehidupan mikroorganisme tanah. Telah diketahui bahwa berbagai mikroorganisme dalam tanah sangat berperan sebagai pengurai dalam tanah.
·         Berubahnya sifat kimiawi atau sifat fisik tanah, sehingga tanah tidak baik (tidak subur) untuk pertumbuhan tanaman.
·         Mengubah dan mempengarui keseimbangan ekologis dalam suatu ekosistem.

Contoh tanah :

 
               TANAH SEBELUM TERCEMAR  



 

             TANAH SETELAH TERCEMAR

*Sekian dari kami. Semoga informasi dia atas dapat bermanfaat ^_^